Sunday, February 13, 2011

Pengertian Blog Dofollow dan Nofollow

Setelah beberapa lama search di mbah google, saya mendapatkan info penting tentang pembahasan kali ini, Sebelum memahami lebih jauh sedikit intermizo saja, coba anda ingat, seberapa banyak blog yang sudah anda kunjungi? tentu sudah banyak Blog yang sudah anda kunjungi di dunia maya ini, termasuk blog saya, tentu setiap blog yang anda kunjungi selalu memberikan warna dan ciri khas mereka masing-masing. dari sekian banyak jenis-jenis blog yang dikunjungi, bisa juga kita golongkan antara blog yang menganut sistem dofollow atau nofollow. Apasih dofollow dan nofollow?

untuk pemahaman dofollow ada beberapa pandangan dalam mengartikannya. dipandang dari arti kata Dofollow berasal dari bahasa inggris yang artinya mengikuti. Tetapi kalo dalam dunia maya/internet/web istilah dofollow bisa diartikan dengan aktifnya kode meta search engine agar suatu website atau blog tersebut mengikuti suatu link yang diberikan atau diletakkan pada halaman web atau blog tersebut. dari segi search engine mbah google setiap link ataupun komentar yang diletakkan pada web atau blog yang mengaktifkan kode meta Do Follow, maka secara otomatis akan dihitung sebagai backlink oleh google dan dapat meningkatkan pagerank web atau blog yang linknya diletakkan pada web, bisa dibilang menginstruksikan search engine agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya.
Kebalikan dari pengertian Dofollow, nofollow dipandang dari arti kata adalah tidak mengikuti. Jika didunia maya artinya website atau blog yang mengaktifkan kode meta search engine menjadi Nofollow, mengapa tidak mengikuti? tujuannya agar tidak mengikuti suatu link yang diberikan atau diletakkan pada website atau blog pada halaman tersebut. dalam search engine mbah google, setiap link ataupun komentar yang diletakkan pada halaman website atau blog yang mengaktifkan kode meta Nofollow, maka secara otomatis link atau komentar tersebut tidak dihitung sebagai backlink oleh google. Namun link yang terpasang akan tetap dapat diklik menuju halaman web atau blog link yang dimaksud hanya saja atribut kode HTML yang digunakan web berjenis nofollow adalah untuk menginstruksikan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya.
Secara default semua link dari web/blog menggunakan fungsi dofollow, tanpa perlu menambahkan atribut kode HTML, sedangkan untuk blog dari blogspot default akan diaktifkan dengan kode meta Nofollow. tetapi anda bisa merubahnya jika ingin blog anda dengan tipe dofollow. 

Read more »

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Ryan La Vegas 2011 I N2Y Eksperiment by Nano Yulianto Modified by ryanlavegas